Kamis, 11 Oktober 2012

Sejarah Akuntansi

untuk tulisan kali ini saya akan lebih bnyak memposting tentang akuntansi
hmmm pasti hal pertama yang anda pikirkan saat mendengar kata akuntansi ialah sesuatu yang berkaitan dengan uang dan pastinya berhubungan dengan perhitungan angka tapi apa sihh sebenarnya definisi akuntansi dan bagaimana awal mula di kenal istilah akuntansi. untuk informasi lebih lanjut silahkan simak postingan berikut ini :)


  • Secara Etimologi 
    Kata " Akuntan "berasal dari kata Perancis Compter, yang mengambil berasal dari bahasa Latin Computare kata. Kata ini sebelumnya ditulis dalam bahasa Inggris sebagai "Accomptant", tetapi dalam proses waktu kata yang selalu diucapkan dengan menjatuhkan "p", berangsur-angsur berubah menjadi baik dalam pengucapan dan ortografi ke bentuknya yang sekarang. 
        Menurut literatur secara umum, akuntansi dapat dipahami sebagai:
1. Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dengan cara tertentu yang dapat diukur dalam satuan moneter (uang), tentang traksaksi atau kejadian-kejadian masa lalu yang bersifat keuangan dan termasuk tafsiran-tafsirannya. (AICPA)
2. Akuntansi adalah proses mengindentifikasi, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan dalam mempertimbangkan alternatif untuk pengambilan kesimpulan oleh para pemakainya. (AAA)
3.Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya memberikan informasi kuantitatif yang umumnya dalam bentuk ukuran moneter (uang), mengenai suatu badan eknomi untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi dan sebagai dasar dalam memilih diantara beberapa alternatif . (APBS No.4)
4.Dalam statement Trueblood Committe Report 1972 disebutkan bahwa salah satu tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi yang berguna untuk menilai kemampuan menajemen menggunakan kekayaan perusahaan secara efektif dalam mencapai tujuan utamanya. Dalam konteks ini akuntansi dianggap sebagai sarana manajemen untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki.
5.Menurut Ahmad Belkaoui, terdapat beberapa citra yang menggambarkan sifat-sifat akuntansi, antara lain akuntansi sebagai suatu bahasa bisnis karena ia mengkomunikasikan perusahaan dengan pihak lain.
6.Menurut Hertanto dalam bukunya Panduan Akuntansi Syariah, bahwa akuntansi memiliki peranan penting dalam suatu lembaga yang melakukan bisnis atau non bisnis (mencari keuntungan atau tidak). Lembaga memerlukan pencatatan guna mendokumentasikan dan mempertanggung jawabkan aktivitas-aktivitas keuangan sebagai acuan pengambilan keputusan.

Dengan demikian, akuntansi merupakan alat untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan ekonomi suatu lembaga atau badan baik yang berorientasi mencari keuntungan maupun tujuan sosial yang melakukan aktivitas keuangan dimasa lalu untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan suatu lembaga.
  • Sejarah 

    1. Token akuntansi di Mesopotamia kuno

    Peta Timur Tengah menunjukkan Fertile Crescent sekitar milenium ke-3 SM.
    Catatan akuntansi paling awal ditemukan di antara reruntuhan kuno Babel , Asyur dan Sumeria , yang tanggal kembali lebih dari 7.000 tahun. Orang-orang waktu yang bergantung pada metode akuntansi primitif untuk mencatat pertumbuhan tanaman dan ternak. Karena ada musim alami untuk pertanian dan menggembala, mudah untuk menghitung dan menentukan apakah surplus yang telah diperoleh setelah tanaman telah dipanen atau disapih hewan muda. 
    Akuntansi token yang terbuat dari tanah liat, dari Susa , Uruk periode , sekitar tahun 3500 SM.Departemen Purbakala Oriental,Louvre .
    Penemuan dari bentuk pembukuan menggunakan token tanah liat mewakili besar kognitif lompatan bagi umat manusia.






2. Akuntansi di Kekaisaran Romawi

Bagian dari Res Gestae Divi Augusti dari Ancyranum Monumentum (Temple of Augustus dan Roma) di Ankara , dibangun antara 25 SM - 20 SM.
The Res Gestae Divi Augusti ( Latin : "The Akta dari Augustus Ilahi") adalah rekening yang luar biasa kepada orang-orang Romawi dari Kaisar Augustus kepengurusan '. Ini terdaftar dan dihitung pengeluaran publik, yang meliputi distribusi kepada masyarakat, hibah tanah atau uang untuk veteran militer, subsidi ke aerarium (treasury), bangunan candi, sesajen, dan pengeluaran di acara teater dan gladiator permainan. Itu bukan rekening penerimaan negara dan pengeluaran, tetapi dirancang untuk menunjukkan kemurahan hati Augustus '. Arti penting dari Res Gestae Divi Augusti dari perspektif akuntansi terletak pada kenyataan bahwa itu menggambarkan bahwa otoritas eksekutif memiliki akses ke informasi keuangan secara rinci, mencakup periode dari sekitar empat puluh tahun, yang masih dpt setelah kejadian. Ruang lingkup informasi akuntansi di pembuangan kaisar menunjukkan bahwa tujuannya mencakup perencanaan dan pengambilan keputusan. 
The Roman sejarawan Suetonius dan Cassius Dio catatan bahwa pada 23 SM, Augustus menyiapkan rationarium (akun) yang terdaftar pendapatan masyarakat, jumlah uang tunai dalam aerarium (treasury), di fisci provinsi (pejabat pajak), dan di tangan yang publicani (kontraktor umum), dan bahwa itu termasuk nama-nama Freedmen dan budak dari siapa rekening rinci dapat diperoleh. Kedekatan informasi ini kepada otoritas eksekutif kaisar dibuktikan oleh Tacitus pernyataan 'bahwa itu ditulis oleh Augustus sendiri. 
Menulis tablet Romawi dari Vindolanda Roman benteng tembok Hadrian , di Northumberland (1-2 abad) meminta uang untuk membeli 5.000 ukuran sereal yang digunakan untuk pembuatan bir bir. Departemen Prasejarah dan Eropa, British Museum .
Rekaman uang tunai , komoditas , dan transaksi yang disimpan teliti oleh personil militer dari tentara Romawi .Sebuah rekening jumlah kas kecil yang diterima selama beberapa hari di benteng dari Vindolanda 110 AD menunjukkan bahwa sekitar benteng bisa menghitung pendapatan tunai setiap hari, mungkin dari penjualan persediaan surplus atau barang yang diproduksi di kamp, ​​item dibagikan kepada budak seperti cervesa ( bir ) dan clavi caligares ( kukuuntuk sepatu), serta komoditas dibeli oleh prajurit secara perorangan. Kebutuhan dasar benteng bertemu dengan campuran langsung produksi , pembelian dan permintaan , dalam satu surat, permintaan uang untuk membeli 5.000modii (ukuran) dari kawat gigi (sereal yang digunakan dalam pembuatan bir) menunjukkan bahwa benteng membeli ketentuan untuk sejumlah besar orang. 
The Arsip Heroninos adalah nama yang diberikan untuk sekumpulan besar papirus dokumen, sebagian besar surat-surat, tetapi juga termasuk cukup banyak rekening, yang berasal dari Romawi Mesir pada abad ke-3. Sebagian besar dokumen berhubungan dengan menjalankan besar, swasta estate  ini dinamai Heroninos karena ia phrontistes ( bahasa Yunani Koine : manager ) dari perkebunan yang memiliki sistem yang kompleks dan standarised akuntansi yang diikuti oleh semua nya manajer pertanian lokal.  Setiap administrator pada setiap sub-divisi dari perkebunan menyusun rekening sendiri sedikit, untuk menjalankan sehari-hari perkebunan, pembayaran tenaga kerja, produksi tanaman, penjualan produk, penggunaan hewan, dan pengeluaran umum pada staf. Informasi ini kemudian diringkas sebagai potongan papirus gulir ke salah satu rekening tahunan besar untuk setiap divisi sub-tertentu perkebunan. Entri yang disusun oleh sektor, dengan pengeluaran kas dan keuntungan diekstrapolasi dari semua sektor yang berbeda. Account semacam ini memberikan pemilik kesempatan untuk mengambil lebih baik ekonomi keputusan karena informasi itu sengaja dipilih dan diatur. 
Akuntansi sederhana disebutkan dalam Alkitab Kristen (Perjanjian Baru) dalam Kitab Matius , dalam Perumpamaan tentang Talenta .

sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GUNADARMA UNIVERSITY